Profil Umum

Diposting oleh Kabupaten Buol
Jumat, 18 Maret 2011

Buol adalah salah satu Kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota di Lipunoto, secara geografis kabupaten ini terletak di 0,35- 1,20 LU dan antara120,12- 122,09 BT. Wilayahnya berbatasan dengan Laut sulawesi sekaligus berbatasan dengan Negara Philipina di utara, Kabupaten Toli-toli dan Kabupaten Parimo di selatan, Kabupaten gorontalo di Provinsi Gorontalo di sebelah timur, Kabupaten Tolitoli di bagian barat. Luas wilayah kabupaten Buol mencapai 4.043, 57 Km2. Kabupaten Buol merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Tolitoli berdasarkan berdasarkan Undang-undang No.51 Tahun 1999. Secara administratif, Buol terbagi menjadi 11 Kecamatan, lebih dari seratus desa , dan 7 Kelurahan. Potensi terbesar yang dimiliki kabupaten ini ada pada sektor pertanian dengan hasil pertanian yang utama berupa bahan tanaman makanan yang meliputi padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang hijau, kedele untuk hasil perkebunan komoditi yang dihasilkan didaerah ini berupa kelapa dalam, cengkeh, kakao, jambu mete, lada, kopi robusta.
Selain dari pertanian, Kabupaten Boul jiga memiliki potensi pertambangan terdapat potensi tambang emas, bijih besi, batu bara, pasir kuarsa, dan gas.
Pelabuhan laut di daerah ini adalah pelabuhan Paleleh Buol, selain kedua sektor itu Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, daerah ini juga telah memiliki Bandara Pogugol yang terletak di Boul, Tiga buah Pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Leok, Pelabuhan Paleleh dan Pelabuhan Lokodidi, serta terdapat berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya sarana pembangkit tenaga listrik, air bersih, gas dan jaringan telekomunikasi.

Posting Komentar