Kasus Buol Pelanggaran HAM Serius

Diposting oleh Kabupaten Buol
Sabtu, 19 Maret 2011

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM sementara ini telah mengidentifikasi beberapa bentuk indikasi pelanggran hak asasi di Buol, Sulawesi Tengah. "Terjadi pelanggaran HAM serius pada kasus Buol berdarah ini," kata Komisaris Daerah HAM Sulteng, Dedy Askari, Jumat (3/9/2010).
Bentrok kepolisian dan warga yang terjadi tiga hari sebelumnya itu telah menewaskan tujuh warga sipil dan melukai puluhan orang lainnya.
Menurutnya, meskipun belum ada kesimpulan yang final terkait kasus Buol itu, pihaknya sudah bisa memastikan bahwa insiden yang terjadi di Buol adalah bagian dari pelanggaran hak asasi.
Komnas sudah mendatangi sejumlah pihak untuk meminta klarifikasi insiden Buol berdarah itu. Pihak-pihak yang sudah ditemui adalah Kepala Kepolisian Daerah Sulteng, manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Daerah Buol, dan keluarga korban tewas.
Menurut dia, keterangan sejumlah korban jelas menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan aparat kepolisian. "Kita juga sudah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP)," ujar dia.
Saat ini, lanjut Dedy, pihaknya masih terus melakukan investigasi untuk mengumpulkan data lebih jauh demi mengungkap bentuk pelanggaran HAM di daerah itu. "Tim kami masih terus jalan untuk mengumpulkan data-data yang menguatkan adanya pelanggaran HAM," tuturnya.
Kasus penembakan warga sipil di daerah itu secepatnya akan diparipurnakan di Komnas HAM. "Akan kami paripurnakan dulu itu mekanismenya," kata dia.

  1. Anonim Says:
  2. Semoga kasus ini segera bisa diselesaikan....

     

Posting Komentar